Selasa, 14 Desember 2010

MENGOBATI SAKIT MAAG


Mungkin telinga kita tidak asing lagi ketika mendengar ”Temulawak” ya itu merupakan salah satu tanaman obat berupa tumbuhan berbatang semu.
Banyak sebutan untuk tanaman obat yang satu ini, diantaranya di Jawa Barat disebut Koneng gede, di Madura disebut temu lobak, dll.

Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, China bahkan sampai Amerika dan Sebagian kecil Eropa. Temulawak biasanya mempunyai tinggi hingga 1-2 meter,daun berwarna hijau atau coklat gelap, bentuk daunnya bundar memanjang dengan panjang antara 31 – 84 cm dan lebarnya 10-19 cm.

Temulawak mempunyai rimpang (rimpang ini yang biasa digunakan sebagai tanaman obat) yang bercabang kuat, berwarna hijau tua (gelap).
Biasanya rimpang temulawak dibuat jamu godog (direbus). Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1.6-2.2 % kurkumin dan 1.48-1.63 % minyak asiri. Manfaat temulawak antara lain sebagai penguat kerja ginjal, anti inflamasi, obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, anemia, anti oksidan, pencegah kanker dan anti mikroba.

Cara mengobati penyakit Maag dan Gastritis adalah :  1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar,kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.
Selain itu temulawak juga bisa digunakan untuk mengobati  : 1. Asma, caranya : 1,5 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring dan diminum (3x)  2. Sakit kepala dan masuk angin, caranya : beberapa temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 gengggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring dan diminum (3x).

Semoga informasi ini bermanfaat.

Berdo’a dan berusaha adalah hal terbaik.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog